Wednesday, January 19, 2011

PROSEDUR MELAKUKAN CADWELDING - PROSES EXOTHERMIC

 LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN CADWELDING

Melakukan cadwelding adalah mudah. Berikut tahapan pekerjaan yang sebaiknya diikuti untuk mendapatkan hasil penyambungan exothermic yang baik dan aman.

Langkah -1 : 
Gabungkan graphite mould dengan handle clamp yang sesuai dengan aplikasi.



Langkah -2 : 
Bersihkan permukaan objek yang akan disambung dengan menggunakan aparatus yang sesuai.



Langkah -3 : 
Keringkaan permukaan dari objek yang akan disambung dengan menggunakan alat pemanas yang sesuai.  Alat pemanas yang bisa dipergunakan dengan praktis, salah satu contohnya, adalah Butane Torch.


Langkah -4 : 
Pasangkan graphite mould pada objek yang akan disambung.


Langkah -5 : 
Letakkan retaining disk (pelat besi penahan) ke dalam lubang graphite mould. Pastikan bahwa tidak ada lubang yang memungkinkan exothermic powder akan jatuh ke bawah saat dimasukkan ke dalam lubang exothermic powder.
 



Langkah -6 : 
Masukkan exothermic powder sesuai dengan ukuran yang diperlukan ke dalam lubang graphite mould.   Ukuran exothermic powder yang diperlukan tertulis dalam label graphite mould yang dipakai.


Langkah -7 : 
Letakkan starting powder (sumbu), yang dimampatkan di bagian bawah dari tabung exothermic powder, di atas bibir graphite mould.



Langkah -8 : 
Nyalakan starting powder dengan menggunakan flint gun (pemantik), dengan posisi flint gun menyamping. Perhatikan posisi flint gun dalam gambar. Ini perlu dilakukan agar semburan api yang keluar dari mulut graphite mould tidak mengarah ke kita.




Langkah -9 : 
Setelah reaksi exothermic terjadi, tunggu beberapa saat (sekitar 2 menit) sampai suhu dari sambungan yang terjadi dan graphite mould mendingin. Setelah itu, lepaskan hasil sambungan dari graphite mould.



Langkah -10 : 

Bersihkan residu yang dihasilkan dari proses exothermic dari permukaan graphite mould dengan menggunakan aparatus yang sesuai. Perhatikan gambar di bawah.


--------------------------------------------------------------------------

 VIDEO PROSES CADWELDING
Berikut video yang diungguh dari YOUTUBE yang menunjukkan contoh proses pelaksanaan cadwelding (exothermic welding).

Gunakan sarung tangan, safety glasses, safety shoes dan peralatan yang memadai saat melakukan exothermic welding. Ingat, keselamatan diri adalah segala-galanya.  Setiap jenis sambungan memerlukan jenis GRAPHITE MOULD tersendiri dan ukuran exothermic powder yang sesuai dengan jenis sambungan tersebut.


Hubungi Bapak KOONG // SIGIT // SANTOSO
e-mail: lamdatek@yahoo.co.id // endysant@cbn.net.id

Nomer HP: 085283891600 // 085310538110 // 085814028789 // 085215866584

Nomer Faks: 0251-8384529
Alamat: TOKO GROUND ROD, Pasar Kenari Lama Lt. Dasar AKS No. 184
 Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat - Indonesia