Friday, January 21, 2011

BAHAN YANG DIPAKAI DALAM PROSES CADWELDING

-------------------------------------

EXOTHERMIC POWDER

Exothermic powder adalah bahan utama berupa campuran yang dipergunakan dalam proses exothermic welding / cadwelding.  Campuran tersebut berbentuk serbuk, yang merupakan senyawa dari tembaga oksida dan aluminum.  Berikut rumus kimianya.


3CuO + 2Al → 3Cu + Al2O3 + Heat.[1]
Reaksi yang terjadi, yang harus dipicu dengan panas bersuhu tidak kurang dari 400°C,  akan menghasilkan panas dengan suhu mencapai 1,400 °C (1,670 K).

------------------------------------------------------------


KUMWELL EXOTHERMIC POWDER


Kami menyediakan exothermic powder merek Kumwell dan merek lain. Kumwell terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik dan dengan harga yang sangat bersaing.
KUMWELL EXOTHERMIC POWDER - ONE OF THE BEST IN THE WORLD




Perbandingan Teknis antara 
Produk Exothermic Powder Standard VS  Kumwell Exothermic Powder



Exothermic powder biasanya dikemas dalam tabung plastik seperti terlihat di bawah.  Begitu juga dengan Kumwell Exothermic Powder.



A - Exothermic Powder
B - Starting Powder
-----------------------------------

ERICO EXOTHERMIC POWDER
Untuk beberapa pengguna yang sangat fanatik dengan merek Erico, kami juga bisa menyediakan produk Erico  dengan berbagai ukuran.

ERICO EXOTHERMIC POWDER - BEST QUALITY BUT EXPENSIVE 
Catatan:   Penggunaan exhotermic powder merek Erico (Cadweld) adalah suatu pemborosan anggaran.

----------------------------------------------------------------------------------------------------

GRAPHITE MOULD

KUMWELL GRAPHITE MOULD
Kami adalah distributor resmi exothermic graphite moulding merek Kumwell.  Kami menyediakan  berbagai jenis dan ukuran exothermic moulding untuk berbagai tujuan penyambungan.


GRAPHITE MOULD WITH HANDLE CLAMP
KUMWELL GRAPHITE MOULD IN ACTION










TIPE SAMBUNGAN EXOTHERMIC

Anda perlu menentukan jenis sambungan exothermic yang akan dibuat. Lihat gambar di bawah ini sebagai referensi. Setelah anda menentukan dimensi dari kabel, atau pelat, atau ground rod yang akan menjadi objek penyambungan, anda bisa memesan graphite mould sesuai dengan sambungan yang anda inginkan.



CONTOH APLIKASI UNTUK MOULDING

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HANDLE CLAMP

Proses exothermic menghasilkan panas yang sangat tinggi.  Untuk itu diperlukan aparatus yang dinamakan handle clamp untuk bisa memegang / mengendalikan graphite mould dengan baik. Handle clamp KUMWELL terbuat dari komponen besi yang berkualitas, dengan pegangan terbuat dari bahan tahan panas.

 JENIS HANDLE CLAMP KUMWELL
KUMWELL menyediakan 6 jenis handle clamp yang mungkin dipakai dalam proses penyambungan exothermic, disesuaikan dengan ukuran graphite mould yang dipakai dan aplikasinya.

1. Hanlde Clamp Standard Type-C (Tipe Standard) :   HCCOO
2. Handle Clamp Type-D (Tipe Besar) : HCDOO
3. Handle Clamp Type-C dengan vetical beam support : HCCOO-Y
4. Handle Clamp Type-C dengan chain support : HCCOO-X
5. Handle Clamp Type-D dengan vetical beam support : HCDOO-Y
6. Handle Clamp Type-D dengan chain support : HCDOO-X

HCCOO & HCDOO

Handle clamp tipe HCCOO, atau disebut handle clamp tipe standard, dipakai bersama graphite moulding ukuran standard.  Handle clamp tipe HCCOO memiliki berat kurang lebih 3/4 Kg.  Graphite moulding ukuran standard biasanya menggunakan Exothermic Powder kurang dari 250 gram. Sedangkan handle clam tipe HCDOO dipergunakan bersama dengan graphite mould yang menggunakan powder  250 gram atau lebih.  HCDOO memiliki berat sekitar 1.5 Kg.


HCCOO  = 0.75  Kg
HCDOO = 1.5     Kg

HANDLE CLAMP HCC00 & HCDOO DENGAN CHAIN SUPPORT

Ada kalanya proses Exothermic Welding dilakukan dipermukaan pipa. Dalam kondisi itu, diperlukan chain support untuk membantu proses pelaksanaan pekerjaan agar berjalan aman dan sempurna.  Lihat gambar di atas.


HCCOO & HCDOO HANDLE CLAMP DENGAN VERTICAL SUPPORT

Ada kalanya pekerjaan exothermic welding perlu dilakukan di atas permukaan struktur vertikal. Guna proses pekerjaan berjalan dengan aman dan lancar, diperlukan vertical support seperti gambar di atas.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
FLINT GUN - PEMANTIK

Flint gun atau pemantik diperlukan untuk memicu agar exothermic powder bisa terbakar.  Korek api bisa juga digunakan untuk memicu pembakaran.  Tapi penggunaan korek api  ini tidak direkomendasikan karena percikan api dari reaksi exohermic yang dihasilkan bisa mengenai tangan yang menyebabkan luka bakar yang serius.  Untuk itu, penggunaan flint gun yang memiliki panjang sekitar 15 cm, direkomendasikan untuk dipakai  agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.


FLINT GUN - PEMANTIK
----------------------------------------------------------------------------

WIRE BRUSH

Ada beberapa jenis wire brush yang perlu dipersiapkan saat berada di lapangan untuk membersihkan objek yang akan di-cadwelding.

Exothermic Welding fittings-V type welding steel brush
V-SHAPE WIRE BRUSH

V-shape wire brush dipakai untuk membersihkan kabel dari kotoran, sehingga mendapatkan kualitas sambungan yang sempurna.
Exothermic Welding fittings-welding TAPE CLEANING BRUSH
TAPE WIRE BRUSH
Dipergunakan untuk membersihkan aluminum tape atau copper tape atau permukaan dari objek apa saja yang akan di-cadwelding.

Exothermic Welding fittings-WELDING MOULD CLEANING BRUSH
MOULD CLEANING BRUSH

Dipergunakan untuk membersihkan kotoran atau residu proses cadwelding yang tidak lengket dari graphite mold.
--------------------------------------------------------------------------------------------

SLAG REMOVAL SPADE ( SEKOP UNTUK MELEPAS KERAK)


Dipergunakan untuk membersihkan kerak yang menempel kuat dari permukaan graphite mould.  Bisa juga menggunakan obeng atau apa saja asal tidak merusak permukaan graphite mould.
-----------------------------------------------------

BUTANE TORCH

Dipergunakan untuk memanaskan permukaan objek yang akan disambung dengan cadwelding. Tujuan pemanasan adalah untuk menghilangkan air atau kelembapan dari permukaan objek yang akan disambung dengan cadwelding.

-----------------------------------------------------------------


DUCT SEAL


Merupakan material, terbuat tanah liat, yang dipergunakan untuk menutup lobang graphite mould dengan  tujuan agar tidak terjadi kebocoran saat proses exothermic berlangsung.  
Duct seal memiliki elastisitas yang sangat tinggi, yang dapat dipergunakan untuk menutup lubang pada jalur-jalur cable dan sebagainya, agar tidak dmasuki tikus atau serangga kecil.

---------------------------------------------------------------

EQUIPMENT BOX


Diperlukan untuk menyimpan peralatan dan bahan untuk exothermic cadwelding. Graphite mould yang habis pakai perlu disimpan di tempat ini agar tidak terkena lembab.

-------------------



Hubungi Bapak KOONG // SIGIT // SANTOSO
e-mail: lamdatek@yahoo.co.id // endysant@cbn.net.id

Nomer HP: 085283891600 // 085310538110 // 085814028789 // 085215866584

Nomer Faks: 0251-8384529
Alamat: TOKO GROUND ROD, Pasar Kenari Lama Lt. Dasar AKS No. 184
 Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat - Indonesia